Rabu, 12 Oktober 2016

Jenis Pakan dan Minuman Ayam Kampung Super yang Baik dan Berkualitas

Lintas Ternak – Namanya ternak adalah salah makhluk hidup ciptaan tuhan yang pastinya membutuhkan yang namanya makanan tak terkecuali ayam jawa super (ayam kampung super).Memang betul , pakan pada ayam kampung memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan pertumbuhan ayam kampung super (joper).Meskipun demikian sebenarnya pakan ayam jawa super tidaklah serumit yang anda bayangkan.Tidaklah serumit seperti ayam broiler,ayam arab,ayam petelur dll.

Pakan yang baik tentu akan mempercepat pertumbuhan ayam tersebut,sehingga para peternak tidak usah menunggu terlalu lama untuk menikmati hasilnya.Ingat jenis pakan yang harus diberikan harus sesuai dengan usia ayam.Ayam kampung super yang masih DOC harus diberikan pakan yang sifatnya masih halus.Hal ini bertujuan agar DOC mudah dalam mencerna makanan.Hal yang terpenting dalam menyusun ransum makan ayam kampung super harus memperhatikan nutrisi yaitu protein kasar (PK) sebesar 12% dan energi metabolis (EM) sebesar 2500 Kkal/kg.Dibawah ini akan saya jelaskan Pakan Ayam Kampung Super Sesuai Dengan Usia Ayam.

1.    7 gram/per hari sampai umur 1 minggu
2.    19 gram/per hari sampai umur 2 minggu
3.    34 gram/per hari sampai umur 3 minggu
4.    47 gram/per hari sampai umur 4 minggu
5.    58 gram/per hari sampai umur 5 minggu
6.    66 gram/per hari sampai umur 6 minggu
7.    72 gram/per hari sampai umur 7 minggu
8.    4 gram/per hari sampai umur 8 minggu

Ada berapa jenis pakan yang bisa diberikan untuk ayam kampung super (joper) ? Dibawah ini ada 5 jenis pakan yang bisa anda berikan pada ayam kampung super yang telah kalian budidayakan :

Jenis Pakan,Vitamin dan Minuman Ayam Jawa Super (Joper)

1.Pakan Dedak

Jenis pakan ini hampir sama dengan bekatul, hanya saja dedak sedikit lebih kasar dibanding dengan bekatul. Akan tetapi pakan dedak juga mudah dicerna bagi anakan ayam yang sudah berumur 2 bulanan

2.Pakan Jagung

Jagung merupakan biji-bijian yang umumnya disenangi oleh ayam, jagung menjadi salah satu jenis pakan yang berasal dari biji-bijian yang sudah menjadi pakan ayam sejak dulu. pakan ini banyak mengandung karbohidrat. Sesuai dengan usia ayam, jagung bisa diberikan berbentuk butiran utuh, jagung giling kasar dan jagung giling halus. Pakan jagung yang berbentuk butiran utuh tepat diberikan untuk ayam kampung super indukan.

3.Pakan Full BR

Jenis pakan ini bisa didapatkan dari pabrikan. BR diberikan sejak ayam masih DOC yaitu umur 2 atau 3 hari sampai siap panen. Jika menggunakan full BR, sudah tidak dicampur dengan pakan lain. sehingga penggunaan BR ini full tanpa campuran apapun.

4.Pakan Konsentrat

Ayam kampung super yang masih DOC sangat membutuhkan pakan jenis konsentrat, hal ini dikarenakan konsentrat memiliki tekstur yang halus, sehingga jenis pakan ini mudah dicerna oleh DOC

5.Pakan Bekatul

Ketika usia ayam sudah berumur 6 minggu, pakan jenis bekatul tepat diberikan untuk ayam. Bekatul juga memiliki tekstur yang halus sehingga mudah dicerna untuk ayam kampung super yang masih anakan
Selain itu ada juga ada pakan alternatif yang bisa anda berikan seperti roti BS,sisa dapur atau warung,bihun BS dll.Selain makanan tentu ayam juga membutuhkan yang namanya minuman.Perhatikan penjelasan berikut ini :

Pemberian Minuman Untuk Ayam Kampung Super (Joper)


Dalam hal minuman diberikan secara tidak terbatas.Jangan lupa untuk menyediakan wadah minuman didalam kandang , jika sudah mau habis anda bisa langsung menambahkannya lagi.Selain itu juga membutuhkan yang namanya vitamin untuk meningkatkan kualiats,kuantitas dan efektivitas hasil ternak.

Anda bisa memberikan Viterna,Poc Nasa ,Hormonik.Viterna plus mengandung mineral yang penting untuk pertumbuhan tulang,organ,pembentukan darah dll.Sedangkan asam amino sebagai penyusun protein untuk pembentukan sel,jaringan dan organ tubuh.Vitamin yang lengkap berguna untuk kesehatan dan ketahanan tubuh.

Pemberian POC NASA yang mengandung berbagai mineral penting untuk pertumbuhan ternak yang dilengkapi dengan protein dan lemak nabati,mampu meningkatkan pertumbuhan ternak ayam jawa super.Sedangkan Hormonik sebagai zat pengatur tumbuh ,dimana keberadaannya akan sangat penting dalam membantu meningkatkan pertumbuhan ayam kampung super.Sehingga budidaya ayam kampung super bisa dilakukan dengan singkat tetapi mendapatkan hasil yang maksimal.Pemakaian Viterna Plus,Nasa dan Hormonik bisa dilakukan sebagai campuran air minum yang diberikan sepanjang hari.Selain itu bisa dicampurkan sebagai pembasah pada pakan konsetrat.(Pemberian Poc Nasa disarankan ditambahkan dengan Hormonik).

Baca Juga : Cara Memberi Pakan Ayam Joper dengan Baik dan Benar

Demikianlah Pakan dan Minuman Yang Bisa Anda Berikan Pada Ayam Kampung Super yang kalian budidayakan.Pakan jangan sampai telat anda harus memberikan pakan pada ayam jawa super dengan baik dan benar.Apabila pakan tidak anda perhatikan maka akan berdampak buruk pada ternak anda.Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar