Kamis, 13 Oktober 2016

8 Langkah Mudah Memulai Usaha Ternak Ayam Jawa Super

Lintas Ternak 8 Langkah Mudah Memulai Usaha Ternak Ayam Jawa Super (Joper) - Bagi calon peternak khususnya para pemula , cara memulai usaha adalah pertanyaan yang sering dilontarkan dan menjadi suatu permasalahan yang harus dipecahkan.Biasanya akan timbul pertanyaan gimana cara memulainya ? kalau rugi gimana ? Pertanyaan tersebut sudah biasa ada dibenak orang yang mau terjun dalah dunai usaha tak terkecuali usaha ternak ayam jawa super (joper).

Dalam memulai usaha peternakan ayam kampung super ada beberapa tahapan yang harus anda perhatikan seperti niat,mengetahui tingkat potensi diri,modal,managemen yang baik dll.Yang terpenting disini adalah mengetahui potensi diri,maksudnya apabila dirasa anda sama sekali belum ada gambaran tentang ayam jawa super (joper) sebaiknya anda kunjungi tempat-tempat yang sudah membudidayakan ayam ini.Selain itu anda juga harus bertanya-tanya kepada pemiliknya tentang elemen apa saja yang dibutuhkan dalam menangani ayam jawa super.Hal itu bertujuan agar nantinya saat anda terjuan dalam usaha ternak ayam kampung super anda tidak bingung untuk melangkah.Untuk itu admin akan memberikan Cara Mudah Memulai Usaha Ayam Kampung Super (Joper) yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda para pemula.

Cara Mudah Memulai Usaha Ternak Ayam Kampung Super

1.Niat

Niat adalah keinginan seseorang didalam hati untuk melakukan sesuatu.Tanpa niat seseorang tidak akan mengerjakan sesuatu hal.Nah apabila anda berkeinginan untuk usaha ternak ayam jawa super niat adalah salah satu  sarana mencapai keberhasilan.

2.Mengetahui Potensi dan Kemampuan Diri

Dengan mengetahui potensi dan kemampuan diri serta lingkungan ,kita bisa menghasilkan ide-ide cemerlang dalam mengembangkan usaha ternak joper.Langkah bisa anda coba bila anda mempunyai lahan kosong untuk dimanfaatkan,mencari usaha sambilan,bosan jadi pegawai dan ingin berwiraswasta dll.
Dalam usaha ternak ayam jawa super masih mempunyai potensi yang cukup baik,mengapa? Karena ayam joper tidak memakan waktu lama untuk panen,ramah lingkungan,tidak menyita banyak waktu,permintaan pasar tinggi dll.

3.Mengumpulkan Informasi Sebanyak-banyaknya

Informasi atau pengalaman adalah salah satu fator penunjang dalam keberhasilan untuk usaha ternak salah satunya ayam joper.Skil dan informasi sangat berpengaruh dalam berjalannya usaha.Tanpa kemampuan yang memadai ,anda akan menghadapi banyak kendala.walaupun modal anda banyak keberhasilan akan sulit dicapai apabila kurang informasi dan pengalaman.Anda bisa mencari informasi dari buku.internet,maupun konsultasi kepada ahlinya.

Selain itu informasi jaringan usaha juga sangat penting,anda juga harus mengetahui dimana mencari bibit joper yang bagus dan bisa membuang ayam kampung super anda saat panen.

4.Siapkan Modal

Nah faktor modal menjadi salah satu penghalang dalam sebuah usaha.Modal memang selalu dikeluhkan orang yang mau terjun dalam bidang usaha salah satunya ayam joper.Namanya usaha memang membutuhkan modal.Apabila modal anda minim anda bisa memulai dari yang terkecil terlebih dahulu.Anda bisa memulainya dengan 100 ekor – 200 ekor terlebih dahulu.

5.Mempersiapkan Sarana dan Prasarana Usaha

Untuk usaha ternak ayam jawa super pastinya diperlukan sarana dan prasaran yang menunjang.Paling tidak anda harus persiapkan kandang sebagai media dalam usaha ternak ini.Selain itu anda juga harus menyiapkan pakan,vaksin dan pemeliharaan hewan ternak yang intensif.

6.Buang Rasa Yang Membuat anda Takut (Misalnya Takut Rugi)

Dalam dunia usaha hanya ada 2 kemungkinan yaitu rugi dan laba.Jika anda sudah siap menjalankan usaha ternak joper anda gak usah takut rugi.Yang terpenting jalankan dengan sungguh-sungguh ,nantinya anda akan mendapatan banyak pengalaman dalam menangani ayam kampung super tersebut.

7.Managemen Ternak

Dalam dunia usaha salah satunya usaha ayam jawa super  sangat dibutuhkan yang namanya managemen ternak.Managemen berfungsi untuk mengetahui tingkat kerugian dan tingkat keberhasilan.Andaharus mencatat setiap modal yang anda keluarkan dan anda juga harus mencatat hasil panen.Kemudian dikalkulasi apakah anda rugi atau untung.Selain tiu faktor waktu atau tenaga juga harus anda perhitungkan.Hal itu untuk menentukan langkah selanjutnya.

8.Berdo’a Kepada Sang Pencipta (Allah Swt)

Apabila anda menjalankan suatu usaha apapun jangan lupa untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.Mengingat semua benda dan makhluk hidup yang ada didunia ini adalah milik Nya.Tugas anda hanya berusaha keras ,jangan menjelek-jelekkan saingan usaha anda dll.Masalah rejeki sudah diatur oleh Nya.Apabila dikasih rejeki sdikit maupun banyak tetap bersyukur.Terlebih lagi anda mau bersedekah akan lebih baik lagi.

Demikianlah 8 Langkah Memulai Usaha Ayam Jawa Super yang mungkin bisa bermanfaat buat anda.Anda gak usah kwatir apabila anda mau berusaha pasti Tuhan akan membuka jalan.Pantangan keras jangan sekali-kali menjelek-jelekkan saingan anda,hal itu akan berdampak buruk bagi anda bahkan omongan anda bisa berbalik.Yang paling terpenting anda harus gali lebih jauh tentang ayam jawa super agar anda benar-benar menguasai dan mengerti karakter dari ayam tersebut.Semoga bermanfaat.Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar