Kamis, 20 Oktober 2016

Cara Meramu Pakan Alternatif dan Sumber Energi Buat Ayam Kampung

Lintas Ternak  Cara Membuat Pakan Alternatif dan Sumber Energi Buat Ayam Kampung - Salah satu keberhasilan usaha ternak adalah dengan memperhatikan pakan,tak terkecuali pada ternak ayam kampung.Namun terkadang pakan ayam juga menjadi salah satu masalah bagi peternak ayam kampung.Hal itu disebabkan harga pakan pabrikan yang kadang terlalu membumbung tinggi dengan tidak diimbangi kenaikan harga ayam,otomatis para peternak ayam kampung akan merugi.Untuk mengantisipasi kondisi tersebut para peternak meracik pakan alternatif ayam kampung untuk menekan biaya pakan yang menjadi permasalahan selama ini.Ternayata cara ini bisa dibilang efektif ,selain bisa menekan biaya pakan cara ini juga bisa meningkatkan produktifitas telur dan daging ayam kampung.

Setiap makhluk hidup tentu membutuhkan yang namanya nutrisi dan gizi agar bisa tumbuh kembang dengan baik.Begitu juga dengan ayam kampung anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi setiap harinya.Selain itu dalam sehari-hari ayam juga melakukan aktifitas dan tentu membutuhkan banyak energi.Apabila anda tidak memberikan pakan ayam kampung anda dengan baik,tentu perkembangbiakan ayam akan jelek dan hal ini akan berdampak pada hasil panen anda.Untuk itu admin akan memberikan beberapa jenis pakan ayam kampung yang mengandung sumber energi.

1.Jagung

Jagung ada beberapa jenis yaitu jagung merah,jagung putih dan jagung kuning.Namun yang terbaik adalah jagung kuning karena mengandung nutrisi yang besar jika dibandingkan dengan kedua jenis lainnya.Kandungan metabolisme dalam jagung kuning mencapai 3.360 kkg/kg

2.Pollard (dedak gandum)

Pollard adalah limbah olahan gandum menjadi tepung terigu.Pollard sangat cocok untuk dijadikan pakan ayam.Namun dalam penggunaanya harus dibatasi ,karena kandungan serat yang dimilikinya dapat membuat ayam mencret.

3.Onggok

Pakan jenis ini berasal dari limbah olahan singkong menjadi tepung tapioka.Pakan ini juga mengandung banyak metabolisme 2.956 kkal/kg.Namun pemakaiannya dibatasi hanya 5 – 10 % saja.

4.Dedak (Bekatul)

Pakan ini berasalah dari limbah olahan padi menjadi beras.Kandungan energi metabolisme berkisar antara 600 – 2400 kkal/kg dan kandungan seratnya 12 %.Bahan ini bisa anda berikan pada ayam kampung sekitar 60 % saja.

Cara Meracik Pakan Altenatif Untuk Ayam Kampung Agar Hemat

Bahan-bahan yang Digunakan Untuk Membuat Pakan Alternatif


Selain itu dalam hal pembuatan pakan alternatif untuk ayam kampung diperlukan bahan-bahan utma serta bahan tambahan yang menjadi tambahan untuk menekan biaya pakan ayam kampung tersebut.Bahan yang digunakan sangat mudah sekali ditemukan ditempat kalian semua.Adapun bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut :

1.Beras Dolog atau Catu

Beras ini harganya lebih murah jika dibandingkan dengan jenis beras lainnya.Untuk itu beras dolog sangat cocok untuk dijadikan salah satu bahan pakan alternatif ayam kampung.

2.Tepung Tulang

Tepung tulang sebenarnya tidak begitu diwajibkan,namun jika anda ingin memberikan nutrisi lebih pada pakan yang akan diramu ada baiknya mencampurkannya supaya kebutuhan nutrisi ayam tetap terjaga.

3.Dedak

Gunakan dedak yang berkualitas yaitu kondisi dedak tidak terlalu halus maupun kasar.Selain itu jangan gunakan dedak yang sudah terlalu lama,usahakan pakai yang masih baru.

4.Pohon Talas

Pohon ini pasti sangat mudah sekali ditemukan didaerah anda,khususnya bagi anda yang bertempat tinggal dipedesaan.Untuk pohon talas ini bisa digunakan umbinya maupun daun dan tangkainya saja atau bisa mengkombinasikannya.

Cara Meramu Pakan Alternatif Untuk Ayam Kampung


Setelah kempat bahan diatas sudah terkumpul dan siapk digunakan.Langkah selanjutnya meracik bahan-bahan tersebut supaya bisa dikonsumsi oleh ayam kampung yang anda budidayakan.Perhatikan langkah berikut :

1.Segera cincang umbi talas atau daunnya sampai ukuran kecil kurang lebihnya berukuran 1 cm.

2.Setelah umbi talas sudah dicincang lalu campurkan semua bahan seperti beras dolog, dedak, serta tepung tulang menjadi satu,kemudian tambahkan air secukupnya lalu direbus sampai semua bahan hancur dan tercampur rata.

3.Sebelum mencampur semua bahan tersebut kalian harus memperhatikan takarannya, untuk membuat pakan seberat 2 kg, kalian harus mencampurkan 1 kg umbi talas, ½ kg beras, ½ kg dedak dan untuk tepung tulangnya sendiri berikan sebanyak 1 sendok makan saja atau menurut selera kalian.

4.Bila pakan sudah tercampur rata lalu angkat dan dinginkan, bila sudah dingin siap diberikan pada ayam kampung.

Pembuatan pakan alternatif merupakan salah satu solusi untuk menekan biaya pakan serta meningkatkan produktifitas telur dan daging ayam kampung.Namun bukan berarti tidak ada kendala,sebab ayam kampung anda belum terbiasa dengan pakan olahan ini.Bisa jadi pada awalnya ayam-ayam anda tidak mau memakannya,namun lama-kelamaan ayam tersebut pasti akan memakannya dengan lahap.

Demikianlah Cara Meracik Pakan Alternatif dan Sumber Energi Buat Ayam Kampung.Penggunaan pakan alternatif tersebut tidak bisa diberikan 100% dala kesehariannya.Anda harus memberikan pakan utama agar daya serap makananya tetap selalu terjaga.Jika anda hanya memberikan pakan alternatif,ayam anda akan mengalami gangguan pencernakan.Kecuali jika anda memberikan pakan alternatif dengan daya serat yang tinggi.Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar