Jumat, 14 Oktober 2016

Panduan Pemeliharaan Ayam Kampung Super Usia 1 Hari Sampai Panen

Lintas TernakPanduan Pemeliharaan Ayam Kampung Super Usia 1 Hari Sampai Panen - Ayam Kampung Super atau yang disebut dengan joper adalah salah satu persilangan genetik ayam kampung dengan ayam-ayam lain yang memiliki genetik lebih dibandingkan dengan ayam kampung pada umumnya.Ayam kampung masa panen lebih cepat dibandingkan dengan ayam kampung asli.Biasanya umur 2 bulan lebih dikit sudah bisa dipanen.Ayam kampung super mulai dilirik para pengusaha ternak,selain tidak membutuhkan tempat luas ,kandang tidak bau,pemeliharaan lebih mudah dibandingkan dengan ternak lainnya,Permintaan ayam jawa super di pasaran juga sangat banyak.

Mungkin khususnya bagi pemula akan menjadi permasalahan tersendiri karena belum memahami karakter dari ayam tersebut.Biasanya hal paling sulit dialami pemula ketika memelihara DOC ayam joper umur 1 – 21 hari.Umur ini memang sangat rentan terhadap kematian,anda harus benar-benar memberikan perhatian ekstra pada usia ini.Memang fase ini disebut-sebut fase paling sulit dan banyak dipertanyakan oleh peternak ayam jawa super pemula.Untuk itu admin akan memberikan Panduan Pemeliharaan Ayam Jawa Super Umur 1-21 hari dan 21 Hari Sampai Panen.

Pemeliharaan DOC Ayam Kampung Super Usia 1-21 Hari

Hal-hal yang perlu anda perhatikan saat DOC ayam joper tiba sampai umur ke 21 hari .Perhatikan dibawah ini :

1.Kondisi dalam kotak indukan air minum diberi obat antibiotic dan vitamin.Pakan siapkan di feeder chick dan lantai koran.

2.Lakukan vaksinasi tetes ND B1 (pada bagian hidung ,mata,mulut) satu tetes saja namun harus anda pastikan vaksin tersebut benar-benar masuk.

3.Setelah selesai vaksin ,tutup indukan dengan rapat

4.Jauhkan dari lokasi anak-anak dan predator lainnya dan jangan sampai membuat gaduh dilokasi kandang.Sebaiknya anda taruh lokasi kandang tersebut ditempat tenang.

5.Pakan harus anda perhatikan,jangan sampai kehabisan dan saat memberikan makan jangan kebanyakan.Untuk masalaha air minum setiap hari harus diganti.Gunakan air bersih.

6.Pada hari pertama tempat minum DOC diberi kerikil agar DOC tidak renang didalamnya dan tidak terjadi kematian.Pada hari kedua atau ketiga anda bisa ambil kerikil-kerikil tersebut.

7.Sekitar seminggu tutup harus rapat .Hari ke -8 sampai ke-21 lihat kondisi ayam ,apabila kondisinya ungkep atau kepanasan bisa dibuka sedikit penutupnya.

8.Hari ke-7 berikan vaksinasi HN Lsota lewat air minum.Puasakan DOC antara 1 ampe 2 jam sebelum dilakukan vaksin.Hal ini bertujuan agar pada saat vaksinasi biar habis terkonsumsi .Kemudian berikan air minum dan vitamin.

9.Pada hari ke-10 – 14 lakukan vaksinasi gumboro B lewat air minum .Pada memberikannya seperti point 9.

10.Setelah DOC umur 15 – 21 hari ayam bisa dilepas dari kotak indukan (Hal ini tergantung cuaca)

Hal-hal yang perlu anda perhatikan setelah DOC lepas dari indukan dalam pemeliharaan ayam super umur 21 hari sampai panen :

1.Berikan lampu penerang dan cukup menerangi kandang sehingga ayam isa dengan mudah melakukan aktivitas makan dan minum.

2.Ingat untuk pemberian makan dan minumharus teratur dilakukan setiap hari.

3.Air minum dan pakan harus tersedia setiap hari.Pakan dan air minum jangan boleh telat.

4.Pada saat pemberian pakan tidak boleh asal-asalan,anda harus memperhatikan kebersihannya.

5.Tempat pakan 1 buah untuk kapasitas ayam 50 – 100ekor.Tempat minum diberikan secukupnya agar tidak sampai kehabisan sekali periode pemberian minum.

6.Pemberian empon-empon atau obat tradisional boleh dilakukan setiap hari melalui air minum.

8. Bila ada tanda-tanda ayam sakit segera dipisahkan jangan ditunda-tunda dengan alasan apapun untuk perlakuan selanjutnya agar kondisi tidak lebih parah dan menular ke ayam lain atau kandang lain.

9. Lakukan pengamatan kondisi ayam setiap hari, tanda-tanda ayam sakit misalnya nyekukruk, tidak bregas, ngorok , pilek, kepala bengkak, mata menutup ke atas atau ke bawah, kanibal , konsumsi pakan atau minum menurun dibanding hari biasanya, kematian, dll.Segera dipisahkan dan diobati

Demikianlah Hal-hal yang harus anda perhatikan DOC Ayam Kampung Super Mulai dari Usia 1 Hari sampai Masa Panen.Pemeliharaan yang tepat memang menjadi salah satu faktor kunci sukses mebudidayakan ayam jawa super.Selalu gal pengalaman untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi pada ayam jawa super.Semoga sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar