Jumat, 28 Oktober 2016

Tips Praktis Memilih Bibit Ayam Kampung Petelur Berkualitas

Lintas Ternak Tips Praktis Memilih Bibit Ayam Kampung Petelur Berkualitas - Salah satu kunci sukses dalam menjalankan usaha ayam kampung adalah pemilihan bibit yang tepat.Sebelum anda mencari bibit ayam kampung harus ditentukan terlebih dahulu usaha yang akan anda jalani.Apakah tujuannya untuk ayam kampung petelur atau ayam kampung pedaging ? Apabila anda menentukan terlebih dahulu tujuan anda,maka bisa-bisa anda salah memilih bibit.Kali ini kita akan membahas cara teat memilih bibit ayam kampung petelur.

Dalam usaha menjalankan bisnis ayam kampung petelur,khususnya bibit bietina harus anda perhatikan.Jangan gunakan bibit afkir yang telah berkurang produktivitasnya,agar anda bisa meminimalisir kerugian.Nah pertanyaannya Bagaimana Cara Mendapatkan Bibit Ayama Petelur Unggul ? Perhatikan dibawah ini :

Cara Memilih Bibit Ayam Betina Petelur


1. Pilihlah ayam kampung betina yang telah berusia minimal 5 bulan dan memiliki bobot 1,2 – 1,50 kg dengan badan besar dan bagian dada lebar.

2. Anda bisa memilih ayam kampung betina dari jenis ayam unggul seperti ayam nunukan,ayam kedu,ayam sentul dan ayam arab.Jenis ayam tersebut telah dikenal sejak lama yaitu memiliki kelebihan dalam hal produktifitas telur yang tinggi dibandingkan jenis aym lainnya.

3.Nah faktor ini sangat penting,perhatikan jarak antara tulang pubis dengan tulang dada (4-5 jari.Cara ini sangat manjur untuk menyeleksi bibit ayam betina petelur.

4.Pilihlah ayam betina yang kondisi fisiknya masih bagus,seperti mata terang,pandangan tajam,kepala halus,sayap kuat,paruh pendek dan bersih,bulu mengkilap dan jengger serta pial tidak kasar.

Walaupun ayam betina memagang peranan sangat penting untuk mempoduksi telur,namun anda jangan lupa peran ayam jantan yang bertugas untuk membuahi sel telur ayam betina.Dengan memilih pejantan aym kampung yang bagus tentu hasil produktifitas telur akan berkualitas baik.


Cara Memilih Ayam Pejantan yang Berkualitas


1.Pilihlah pejantan dengan usia minimal antara 8 – 12 bulan dengan bobot 1,5 – 2,25 kg.

2.Sesuaikan pilihan ayam jantan dengan tujuan anda.Untuk produksi ayam pedaging bisa menggunakan ayam bangkok atau ayam pelung.Sedangakan untuk petelur bisa menggunakan ayam arab maupun ayam kedu.

3.Pilihlah ayam jantan dengan kondisi fisik yang masih bagus,misalnya tulang kokoh,tulangan kaki tegak,jari-jari terbuka lebar,sisik kaki teratur,taji bisa runcing,kecil maupun sebesar biji jagung,bulu rata dan mengkilap dll.

Demikanlah Cara Memilih Bibit Ayam Kampung Pejantan dan Betina Untuk Ayam Kampung Petelur.Jika dalam pemilihan bibit ayam kampung petelur sudah tepat,maka telur yang dihasilkan akan berkualitas bagus.Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar