Jumat, 14 Oktober 2016

6 Hal Penting Saat Pemberian Pakan Pada Ayam Kampung Super

Lintas Ternak – Untuk menjalankan usaha ternak ayam kampung super memang tergolong susah-suah gampang.Mulai dari cara pemeliharaan ,penyakit maupun dari segi pakan.Khususnya dari segi pemberian pakan harus dilakukan dengan cara dan prosedur yang benar agar hewan ternak anda selalu dalam kondisi yang sehat.Khususnya para pemula masih banyak yang memberikan pakan secara asal-asalan.Jika dalam pemberian pakan ayam kampung super tidak benar maka akan mempengaruhi perkembangan ayam tersebut.

Jika hal itu terjadi otomatis hasil panen anda kurang optimal dan terlebih lagi anda bisa mengalami kerugian.Pakan adalah salah satu faktor penting yang harus diperhatikan,karena pakan merupakan sumber vitamin dan energi untuk pertumbuhan.Selain itu pemberian pakan yang kurang higienis sangat berbahaya bagi ternak anda,karena akan dengan mudah terserang penyakit dan gangguan pencernakan.Untuk admin akan memberikan Cara dan Prosedur Pemberian Makan Ayam Jawa Super dengan Baik dan Benar.

6 Cara Membei Pakan Ayam Jawa Super dengan Baik dan Benar

1.Jangan Berikan Makan yang Sudah Basi

Jangan sekali – kali memberikan pakan ayam jawa super anda dengan makanan yang sudah basi.Selalu berikan pakan yang masih fresh/baru.Makanan yang sudah basi akan menurunkan kadar vitamin yang ada didalam pakan tersebut dan alhasil ayam berpeluang besar terserang penyakit.Selain itu juga bisa menurunkan nafsu makan ayam kampung super.

2.Berikan Pakan Sesuai dengan Vitamin dan Nutrisi yang di Butuhkan Ayam

Berilah pakan yang banyak mengandung gizi dan nutrisi,apabila elemen tersebut terpenuhi setiap hari tentu ternak ayam jawa super anda akan berkembang dengan baik dan sehat.Tentu hal ini akan berdampak dengan hasil panen yang melimpah.

3.Berikan Pakan Sesuai Dengan Porsinya

Pemberian pakan tidak boleh kebanyakan dan tidak boleh terlalu sedikit.Untuk pakan ayam kampung super juga ada porsinya.Berikan pakan 3 kali sehari sesuai dengan jumlah ayam yang anda pelihara.Pemberian pakan yang tidak tepat bisa membuat ayam joper anda mengalami penurunan nafsu makan.

4.Beri Pakan ¾

Berikan pakan dalam wadah dengan batas ¾ dari ketinggian tempat pakan.Hal ini untuk mencegah pakan tersebut berhamburan kemana-mana.Mengingat apabila ayam makan pasti berebutan.Selain itu pemberian pakan yang cukup sangat menyehatkan ayam.

5.Membersihkan Wadah Pakan Secara Berkala

Usahakan untuk membersihkan wadah pakan ternak anda secara berkala.Hal ini bertujuan untuk menjaga kehigienisan pakan tersebut.Apabila wadah dan pakan dalam keadaan bersih,kondisi ayam anda akan sehat selalu.

6.Peternak Harus Disiplin

Kedisiplinan peternak saat memberikan pakan juga sangat penting untuk kelangsungan pertumbuhan ayam joper tersebut.Anda harus memberikan pakan pada ayam ternak anda sesuai dengan jadwal.Jangan sampai kita lupa atau telat saat memberikan pakan.Jika kondisi anda sedang sakit pakailah masker agar penyakit anda tidak terbang menghinggapi ayam ternak anda.hehe Anda juga bisa menyuruh orang lain untuk memberikan pakan kepada ayam joper anda apabila anda sedang sakit.

Sebaiknya saat pemberian pakan pada ayam ternak anda dilakukan pada pagi dan sore hari.Selain itu anda juga bisa memberikan pakan 3 kali dalam sehari.
Dalam menjalankan ternak ayam kampung super kedisiplinan anda adalah faktor untuk mencapai keberhasilan.Misalnya disiplin saat pemberian pakan tidak pernah telat,displin mebersihkan kandang dan temapt makan secara berkala,pemberian vaksin dll.

Demikianlah Cara Pemberian Pakan Ayam Kampung Super Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit.Semoga dengan adanya artikel diatas bisa bermanfaat.buat anda.Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar