Rabu, 12 Oktober 2016

Kriteria Lokasi dan Kandang Ayam Kampung Super

Lintas TernakKriteria Lokasi dan Kandang Ayam Kampung Super -  Kandang adalah sebagai media untuk dijadikan tempat tinggal bagi binatang peliharaan maupun ternak.Selain itu kandang juga berfungsi melindungi ternak dari panas,gangguan baik dari binatang maupun manusia,kehujanan dll.Kandang memegang peranan sangat penting dalam budidaya ayam kampug super (joper).Kandang memang menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam beternak ayam jawa super.

Kandang juga harus dibuat secara baik dan disesuaikan dengan kapasitas ayam.Jika ayam anda merasa nyaman dan tidak berdesak-desakan tentu binatang yang anda ternak salah satunya ayam kampung super,akan berkembang dengan baik dan meningkatkan pencapaian produktivitas yang maksimal.Bayangkan saja apabila kita tinggal dengan ruangan yang sempit dan disitu dihuni banyak orang pasti rasanya sangat tidak nyaman.Maka dari itu buatlah kandang sesuai dengan kapasitas ternak anda.Kandang yang baik harus memenuhi syarat-syarat dibawah ini :

Syarat Kandang yang Baik untuk Ayam Jawa Super (Joper)

Syarat lokasi dan Kandang yang Baik Untyk Budidaya Ayam Joper

1.Usahakan kandang dibuat menghadap ketimur,hal ini akan berdampak baik bagi bintang yang anda ternak.Hewan ternak akan mendapatkan sinar matahari pagi yang dapat menyehatkan tubuh hewan ternak anda.

2.Jangan lupa untuk memberikan ventilasi pada kandang.Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik.

3.Dinding kandang harus dibuat secara rapat,agar kandang tidak mudah dimasukin predor yang bisa memangsa ayam jawa super anda.Kalian bisa menggunakan ram dengan lubang yang kecil untuk dijadikan dinding kandang.

4.Usahakan untuk bagian atap kandang dibuat dari bahan yang dapat menahan panas.Misalnya asbes,seng dll.

5.Untuk bagian lantai sebaiknya dibuat agak renggang untuk melancarkan kotoran yang jatuh sehingga kotoran langsung jatuh kebawah kandang.

Selain itu anda juga harus memperhatikan letak atau lokasi yang akan dijadikan tempat kandang untuk ayam jawa super.Lokasi yang baik tentu akan membuat aym tenang dan aman.Syarat lokasi kandang joper yang baik adalah sebagai berikut :

1.Usahakan lokasi jauh dari gangguan predator seperti binatang,manusia,banjir dll.
2.Kalau bisa lokasi kandang dekat dengan perairan
3.Lokasi jauh dari tempat tinggal penduduk
4.Jangan Dekatkan lokasi kandang dengan lokasi keramaian seperti pasar,pabrik dll.

Setelah kita mengetahui letak lokasi kandang dan syarat kandang yang lain yang telah disebutkan diatas.Sekarang kita menuju ke poin pembahasan yaitu Cara Membuat Kandang yang Baik dan Ideal Untuk Ayam Kampung Super (Joper) :

1.Lebar kandang disesuaikan dengan jumlah ayam yang dipelihara,lebar kandang maksimal 4 meter .Sedangkan panjangnya menyesuaikan populasi dengan perbandingan 1 meter persegi untuk 18 ekor ayam sampai panen.

2.Tingi maksimal yaitu 2,5 meter

3.Sebagai petokan untuk pemeliharaan 100 ekor ayam joper membutuhkan luas kandang 150 m persegi atau P X L = 5 m x 3m

4.Untuk bagian dinding anda bisa menggunakan bambu maupun potongan kayu untuk dijadikan rangka kandang.Sedangkan dindingnya anda bisa menggunakan ram.Selain itu anda juga bisa menggunakan bambu untuk dijadikan dinding seperi pada gambar diatas.

5.Bagian atapnya anda bisa menggunakan genteng maupun asbes.

6.Bagian lantai kandang litter disemen kasar dan diberi sekam,brambut,serbuk gergaji maupun pasir sebagai alasnya (tidak boleh diganti sampai ayam panen) Jika menggunakan sekam sebaiknya setiap minggu ditambah.

7.Jangan lupa memberikan pintu kandang.Ukuran sekiranya anda bisa masuk dengan nyaman.Pintu dibutuhkan untuk memasukkan ayam,pemberian pakan dan saat memanen.

Dengan Kandang baik dan memenuhi syarat tentu ayam kampung jawa yang anda ternak akan berkembang dengan baik dan sehat.Hal itu akan berdampak positif bagi kelangsungan ternak anda.Anda harus mengecek kandang,untuk memastikan binatang ternak anda benar-benar aman.Semoga bermanfaat.Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar