Senin, 21 September 2015

MAKANAN SEHAT KELINCI ANGGORA dan CARA PEMBERIAN PAKAN

Lintas Ternak – Kelinci Anggora adalah salah satu jenis kelinci hias yang banyak disukai orang untuk dijadikan binatang peliharaan.Bentuk bulunya yang halus membuat daya pikat tersendiri pada kelinci anggora.Kelinci Anggora sendiri berasal dari kota Ankara yang dahulu kala dikenal dengan kota Angora,Turky.Kelinci Anggora tergolong jenis binatang impor,walaupun harganya sangat mahal namun permintaan pasar terhadap ketersediaan kelinci hias ini samikin tahun semakin bertambah.

Banyak yang mengira makanan Kelinci Anggora berbeda dengan jenis kelinci lainnya.Padahal Kelinci Anggora juga mengkonsumsi jenis makanan yang umum atau biasa diberikan kepada kelinci jenis lainnya.Makanan memang menjadi salah satu faktor penting yang harus anda perhatikan.Jika makanan yang anda berikan sehat pastinya kelinci anggora kesayangan anda akan tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

MAKANAN SEHAT KELINCI ANGGORA dan CARA PEMBERIAN PAKAN

MAKANAN YANG BAIK UNTUK KELINCI ANGGORA

Pakan untuk Kelinci Anggora secara umum hampir sama dengan pakan kelinci pada umumnya.Sebagai alternatifnya anda bisa memberikan pakan kelinci anggora kesayangan anda dengan rumput kering atau Hay.Dalam pemberian rumput kering juga harus dilihat kualitasnya dengan baik misalnya anda bisa memberikan seperti bermuda hay,Orchard Grass dan Coastal hay.
Tapi ingat ada jenis rumput kering yang harus dihindari seperti Alfafa sebab jenis rumput ini mengandung kalsium yang sangat tinggi dan apabila anda berikan dalam jumlah yang berlebihan akan berdampak tidak baik bagi kelinci Anggora anda.

Selain makanan rumput kering anda juga bisa memberikan pellet sebagai makanan selingan.Namun and harus perhatikan bahwa pellet tersebut masih dalam keadaan segar.Ingat jangan memberikan pellet dalam jumlah yang sangat banyak.Walaupun pellet adalah amkanan instan jika sudah lebih dari 6 minggu maka pellet tersebut akan mengalami penurunan kualitas.Sebaiknya anda berikan pellet tersebut satu kali dalam sehari.

Jangan jadikan pellet sebagai makanan utama,jika ini terjadi makan kelinci anggora anda akan cepat gendut dan kurang sehat.Selain itu kelinci anggora juga harus menikmati makanan selingan seperti wortel,kangkung,selada,pisang,dll.Makanan ini hanya selingan saja dan berikan dalam jumlah sedikit jangan berlebih.

CARA MEMBERIKAN PAKAN YANG BENAR PADA KELINCI ANGGORA


Ingat kelinci anggora memiliki bulu yang lebat dan halus bahkan terkadang bulunya sampai menutupi wajahnya.Pada saat anda memberikan makanan harus mendapatkan perhatian ekstra,jangan sampai mengkonsumsi makanan bersama dengan bulunya.Selain makanan pemberian minuman juga harus hati-hati.Anda harus menyediakan air bersih setiap saat .Gunakan botol air yang digantung didinding kandang untuk menghindari masalah lembab pada bulu kelinci terutama pada bagian bawah dagu.

Hindari juga menyimpan rumput kering didalam kandang ,karena bisa menyebabkan rumput menempel dibulu kelinci anggora.Sebaiknya anda menggantung rumput kering tersebut diluar kandang.

Demikianlah makanan yang baik dan sehat untuk kelinci anggora kesayangan anda.Selain makanan artikel diatas juga dilengkapi dengan cara pemberian pakan yang benar.Apabila anda memperhatikan kedua hal tersebut insyaallah kelinci kesyangan anda akan kelihatan sehat dan lucu.Semoga bermanfaat.Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar