Selasa, 08 September 2015

11 CARA UNTUK MEMBANTU PERSIAPAN KUCING MELAHIRKAN

Lintas Ternak – Kucing yang sudah mendekati melahirkan adalah momen yang sangat dinanti-nanti para pembudidaya kucing hias.Khususnya bagi pemula ini adalah pengalam pertama dan tentunya sangat mendebarkan bagi anda.Anda gak usah cemas,ingat jangan pernah tinggalkan kucing anda dalam minggu-minggu menjelang kelahiran.Pada umumnya kucing akan melahirkan setelah menjalani kehamilan selama 65 hari.Biasanya 1-2 minggu menjelang kelahiran kucing akan mencari tempat tersembunyi untuk melahirkan anaknya nanti.

Biasanya jarak kucing melahirkan bayi pertama dengan kelahiran bayi berikutnya membutuhkan waktu sekitar ½ sampai 1 jam dan lama proses kelahiran biasanya sekitar 4 jam bisa lebih.Ingat jika kucing sudah menunjukkan tanda-tanda mau melahirkan langkah yang sangat mudah dengan cara memasukkan kucing kedalam kandang sehingga dalam mengawasi dan memberi perhatian akan sangat mudah dilakukan.Untuk itu ada beberapa hal yang harus anda persiapkan sebelum kucing melahirkan.

ALAT DAN LANGKAH YANG DILAKUKAN UNTUK MEMBANTU  KUCING MELAHIRKAN

1. Sediakan tempat yang aman dan nyaman.Pastikan tempat tersebut tidak ada gangguan siapapun.Tempat harus anda siapkan 1-2 minggu sebelum kucing melahirkan.Anda bisa memberikan pada tempat sikucing dengan selembar kin maupun kardus agar kucing merasa hangat.

2. Pindahkan kucing ketempat yang baru anda buat tadi agar kucing beradaptasi dan tidak stress.Ingat tempat harus disiapkan minimal 14 hari sebelum kucing melahirkan.
3. Siapkan gunting yang masih baru agar terjaga keseterilannya.Gunting digunakan untuk memotong tali pusar bayi kucing.

4. Siapkan juga benang ,cutton bud dan penghisap (alat hisap berguna untuk menghisap lendir pada hidung dan mulutnya

5. Anda bisa memberikan tempat kucing dengan lampu 5 watt berguna untuk menambah suhu kehangatan buat sikucing yang akan melahirkan

6. Sediakan makanan dan vitamin yang cukup buat sikucing karena proses melahirkan butuh tenaga dan energi yang besar.

7. Gunakan litter ( tempat kotoran) yang tidak mudah menggumpal.Biasanya kucing akan melahirkan didalam kotak litter.Ingat pasir yang ada didalam litter bisa menempel pada tubuh anak yang baru dilahirkan.Biasanya sang induk tidak mau membersihkan kotoranyang menempel pada anaknya.

8. Siapkan beberapa lebar koran,tissue,kapas maupun handuk barguna untuk membersihkan bayi kucing yang kotor apabila induknya tidk mau membersihkan.

9. Siapkan pinset untuk menjepit tali pusar atau bisa juga menngunakan benang

10. Siapkan obat-obatan seperti alkohol,bethadine untuk membersihkan bekas luka setelah memotong tali pusar.Dengan menggunakan obat-obatan tersebut untuk mencegah terjadinya infeksi.

11. Jangan biarkan kucing sendirian saat melahirkan.Perhatian yang khusus sangat penting buat kelancaran kelahiran sang kucing.

Demikianlah Beberapa alat dan hal yang harus anda persiapkan menjelang kucing melahirkan.Kucing yang mau melahirkan memang harus mendapatkan perhatian khusus.Setelah anda menyiapkan peralatan tadi dan melakukan langkah diatas paling tidak proses kelahiran anak kucing akan lancar.Untuk mendapatkan hasil yang lebih positif usahakan konsulatasi kepada Dokter hewan terdekat.Artikel diatas diambil dari berbagai sumber terpercaya.Semoga bermanfaat.Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar