Rabu, 30 September 2015

CARA MUDAH BETERNAK KELINCI ANGGORA BAGI PEMULA

Lintas Ternak – Memelihara binatang kesayangan yang lucu memang bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri salah satunya dengan memelihara kelinci anggora.Seperti yang kita ketahui kelinci anggora adalah salah satu ras kelinci hias yang mempunyai bulu yang banyak dan harganya yang lumayan mahal.Selain untuk dijadikan sebagai binatang peliharaan kelinci anggora juga bisa sebagai sumber pendapatan lho.Bagaimana caranya ? caranya dengan mengembangbiakkan atau diternak.

Membudidayakan kelinci anggora bukan hal yang mudah diperlukan keuletan.Semakin meningkatnya permintaan pasar banyak dari mereka meraup keuntungan yang lebih dengan membudidayakan kelinci anggora tersebut.Bahkan ada yang menanggung rugi itu semua disebabkan karena kurangnya pengalaman bagi mereka para pemula.Untuk itu admin akan membantu anda untuk memberitakan pengetahuan tentang cara beternak kelinci anggora dengan baik dan benar.Mari kita simak bersama-sama.

CARA MUDAH BETERNAK KELINCI ANGGORA BAGI PEMULA

5 HAL YANG HARUS ANDA PERHATIKAN DALAM MEMBUDIDAYAKAN KELINCI ANGGORA

1.Tempat / Kandang

Dalam beternak kelinci hias seperti anggora tempat atau kandang memiliki peran yang sangat penting.Dalam membuat kandang tentunya harus disesuaikan dengan lebar dan panjangnya.Untuk masalah ukuran tentu bervariasi tergantung anda.Sangat dianjurkan tempat atau kandang berukuran lapang/luas agar kelinci bisa bergerak dengan bebas.

2.Pemilihan Indukan yang bagus/Bibit Unggul

Nah dalam hal ini anda harus mencari bibit yang unggul atau indukan yang bagus.Anda harus mencari pejantan yang sehat dan mempunyai reproduksi yang bagus.Sedangkan betinanya juga dalam keadaan sehat atau yang sudah siap produk.

3.Kebersihan Kandang

Anda juga harus memperhatikan kebersihan kandangnya setiap hari.Apabila sekiranya sudah kotor langsung dibersihan.Ini dilakukan agar kelinci tersebut aman dari serangan penyakit dan untuk menjaga kualitas dari bulu kelinci anggora.

4.Jauhkan dari predator

Dalam penempatan kandang harus mempunyai sirkulasi udara yang bagus dan terlindung dari terik matahari dan hujan.Yang lebih penting lagi anda harus menseterilkan kandang dari predator.

5.Memperhatikan Pakan

Dalam memberikan sebaiknya berikan makanan berupa sayuran hijau dan tidak bergetah seperti kangkung ,rumut lapang.Tapi jangan berikan makanan yang banyak mengandung kadar air seperti sawi putih.Untuk tipsnya dalam memberikan pakan sebaiknya diberikan dalam keadaan layu dan jangan dicuci terlebih dahulu agar kadar air tidak terlalu tinggi

Anda juga bisa memberikan pakan berupa ubi jalar,pelet dan makanan olahan lainnya.Berikan makan bervariasi agar kelinci dapat tercukupi kebutuhan nutisinya.

Demikianlah sedikit ulasan cara beternak kelinci anggora dengan baik dan benar.Khususnya anda bagi para pemula bisa mencoba memperhatikan hal diatas.Semoga kelinci anggora yang anda budidayakan dapat berkembang banyak dan menghasilkan pendapatan buat anda .Semoga bermanfaat.Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar