Senin, 25 April 2016

METODE MEMASTER LOVEBIRD AGAR NGEKEK PANJANG DAN VARIASI

Lintas Ternak Bagimana cara memaster burung Lovebird agar memiliki suara yang bagus ? Mempunyai burung lovebird yang mempunyai kicauan yang bervariasi dan ngekek yang panjang tentu akan membuat bangga pemiliknya.Tapi sebaliknya apabila lovebird yang anda pelihara sama sekali tidak mengeluarkan bunyi pasti akan membuat pemiliknya sedih dan buru-buru untuk dijual dan ditukarkan yang baru.Untuk mendapatkan burung impian anda harus telaten dalam pemeliharaan salah satunya adalah pemasteran.Untuk mendapatkan kicauan yang bagus kita tidak bisa menunggu sampai burung mau mengeluarkan bunyi hal yang harus kita lakukan adalah melakukan proses pemasteran sejak dini.

Sebelum anda melakukan proses pemasteran terhadap burung lovebird kita harus benar-benar mengetahui tujuan dari pemateran tersebut.Jika memang burung itu dikhususkan untuk menjadi gacok lomba dalam pemasteran bisa memanfaatkan suara burung yang mirip dengan suara lovebird.Namun jika tujuannya untuk mendapatkan kicauan yang bervariasi kita bisa memasterkan dengan suara burung yang mempunyai suara khas seperti ciblek dll.Dalam waktu pemasteran bukan asal anda lakukan ya kawan karena ada waktu yang tepat agar proses pemasteran cepat berhasil.

Memaster lovebird

WAKTU YANG TEPAT UNTUK MEMASTER BURUNG LOVEBIRD

1.Pemasteran sangat baik dilakukan pada saat burung istirahat maksudnya pada saat mabung kondisi ini burung istirahat dan akan banyak mendengarkan.Dengan ini pada saat anda melakukan pemasteran burung akan lebih fokus untuk mendengarkan dan mudah untuk masuk dalam ingatan burung.

2.Lingkungan dan kondisi yang tenang juga berpengaruh pada saat pemasteran.Kondisi yang damai akan membuat burung lebih fokus pada suara masteran yang anda berikan.

3.Kenali kondisi dan karakter burung yang akan anda master apakah dalam keadaan fresh atau sedang loyo.Selain itu karakter suara juga harus anda perhatikan agar bisa selaras dengan burung yang akan dimaster dan masterannya.

TEHNIK MEMASTER BURUNG LOVEBIRD

Ada beberapa langkah untuk memaster burung lovebird diantaranya memaster lovebird ketika masih anakan,memaster burung dengan menggunakan rekaman suara burung masteran,memaster lovebird menggunakan burung sejenis dan yang terakhir memaster burung lovebird menggunkan burung masteran.Adapun cara yang akan anda pilih semuanya akan memerlukan waktu sebelum lovebird anda menguasai suara baru.Adapun proses pemasteran bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya :

1.Pemasteran Lovebird Anakan

Apabila anda sudah mempunyai pengalaman biasanya lovebird anakan akan segera dimaster dengan tujuan kalau sudah besar bisa bersuara ngekek panjang.Biasanya pada usia 2-3 bulan anakan lovebird mulai dimaster.

Adapun caranya dengan memberikan lovebird masteran yang rajin bunyi dan mempunyai kualitas ngekek panjang didalam kandang ternak lovebird.Untuk posisi lovebird masteran tidak saling berhadapan dengan indukan atau juga anda bisa menggunakan suara rekaman masteran lovebird ngekek panjang apabila anda tidak mempunyai lovebird masteran yang mantap.

2.Proses Pemasteran Lovebird Dewasa

Untuk memaster lovebird yang sudah dewasa sangat berbeda pada saat memaster lovebird anakan yang anda lakukan dengan terus menerus.Namun ada waktu terbaik yang akan anda lakukan untuk memaster lovebird dewasa.Anda juga bisa menentukan waktunya baik pagi,siang,maupun sore yang terpenting diluar jam kesibukan anda.

Caranya kandang lovebird dikasih krodong dan pastikan lingkungan sekitar tenang.Kemudian mulai diperdengarkan suara lovebird masteran yang pada awalnya lirih tapi masih terdengar burung.

3.Proses Pemasteran Lovebird Dengan Variasi Suara

Dengan cara menggantang lovebird muda diantara 3 burung masteran dalam satu ruangan yang anda persiapkan selanjutnya anda putar rekaman burung masteran (bagusnya berikan 2-3 suara burung masteran yang berbeda) dan putar ulang secara otomatis dan yang terakhir dengan menempelkan lovebird dengan burung masterannya setiap hari dimanapun anda tempatkan.

Proses ini bisa memakan waktu lama dan terkadang bisa cepat.Semua itu tergantung kepintaran burung dan kualitas kegacoran burung mastern yang digunakan.Tempat yang tenang dan nyaman juga sangat mempengaruhi lovebird dalam mencerna suara masterannya secara cepat.

Setelah lovebird anda yang dimaster sudah bisa menguasai satu jenis suara dari beberapa suara masteran burung yang anda putar tadi.Selanjutnya anda bisa mengganti suara yang sudah masuk dengan suara lain dan sesuaikan dengan urutannya.

Dalam proses pemasteran burung lovebird memang diperlukan kesabaran selain itu kecerdasan burung dan kualitas suara burung master juga menjadi salah satufaktor pendukung dalam proses pemasteran.Semoag bermanfaat.Terima kasih.Salam ngekkeeeeek!!

Sumber : omkicau.com dan binatangpeliharaan.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar