Senin, 25 April 2016

7 CARA UNIK MENJINAKKAN LOVEBIRD YANG GALAK

Lintas TernakBagaimana cara menjinakkan burung lovebird ? Lovebird merupakan salah jenis burung yang unik selain warnanya yang anggun burung lovebird juga mempunyai sifat pengerat lhoo..Burung ini sangat aktif apabila anda pegang jangan kaget kalau jari anda siap-siap aja digigit.Pernah suatu hari saya melihat di penangkaran burung lovebird ada salah satu burung lovebird yang membuat saya tertarik untuk mendekatinya.Mengapa ? Ternyata burung itu sangat jinak buangeett sama majikannya hampir setiap harinya burung yang satu ini tidak dimasukkan didalam kandang.Yang membuat saya lebih tertawa apabila dipanggil dengan sebutan ginuk burung lovebird itu langsung mendekat sama majikannya.

Seperti yang anda ketahui padahal burung lovebird sangat agresif apabila anda mendapatkannya dari alam liar pasti membutuhkan perawatan yang sangat ekstra agar burung ini bisa sedikit jinak.Sebenarnya kalau anda tau triknya burung ini sangat mudah dijinakkan karena burung ini mempunyai hubungan emosional seperti burung parrot lainnya.Penasaran pengen tau caranya ? Simak caranya dibawah ini :

Menjinakkan burung lovebird

TIPS AGAR BURUNG LOVEBIRD JINAK KEPADA MAJIKANNYA

1.Pelihara Lovebird Dari Kecil

Metode ini sangat ampuh digunakan,apabila anda beternak lovebird pilih lovebird yang paling anda sukai.Ambil salah satu dan beri perhatian ekstra misalnya saat memberikan makanan.Berilah makan menggunakan tangan anda untuk melolohkan makanan.Lakukan ini sampai anakan lovebird bisa mandiri untuk makan sendiri.Dengan begitu hubungan emosional lovebird dengan majikannya akan mudah terjalin.

2.Kasih Sayank / Perhatian Khusus

Bukan hanya manusia saja yang butuh kasih sayang,hewan peliharaan pun juga membutuhkan hal itu.Apabila burung lovebird anda kepingin jinak kamu bisa mencoba cara ini misalnya dengan mengelus secara lembut tubuhnya sehabis diberikan pakan dan ajaklah bermain setiap hari walaupun hanya sebentar.

3.Mandikan Lovebird Dengan Dipegang Menggunakan Tangan

Mungkin sebagian besar pemula belum pernah melakukan hal ini,kedengarannya seh sangat ekstrem dan menakutkan.hehehe tetapi dengan cara ini banyak membuat burung lovebird jadi jinak caranya siapkan wadah yang berisi air lalu usaplah badan lovebird dengan air yang sudah anda persiapkan tadi.Waktunya gak usah terlalu lama apabila tubuh lovebird sudah basah itu sudah cukup.Metode ini berisiko burung anda bisa lepas kalau memegangnya tidak benar.

4.Memandikan Dengan Cara Disemprot

Hal ini mungkin sudah umum banyak dilakukan setiap penghobi lovebird.Namun ada tata cara memandikan dengan cara disemprot yaitu mulailah dari bagian bawah yaitu kaki setelah itu bagian badan.Lakukan hal ini sampai lovebird basah kuyup.Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang suka air.Jika anda sering lakukan hal itu naluri burung akan terbentuk dan beranggapan bahwa anda bukanlah pengganggu.

5.Kosongkan Pakan

Hal ini perlu anda coba yaitu dengan mengosongkan tempat makan setiap pagi.Amati tingkah laku lovebird kalau sudah lapar,mereka akan berani walaupun didekatinya manusia.Truhlah pakan diatas tangan anda lalu ulurkan kelovebird yang lapar.Tunggulah beberapa saat sampai burung lovebird memberanikan diri untuk memakan makanan yang ada diatas tangan anda.

6.Faktor Lingkungan

Tempatkanlah kandang lovebird ditempat yang ramai dari aktifitas manusia.Dengan cara ini merupakan salah satu cara untuk membentuk mental.Dengan tehnik ini lama kelamaan lovebird tidak akan takut lagi kepada manusia.

7.Proses Pada Saat Diangin-Anginkan

Apabila anda mempunyai lovebird pasti tidak asing dengan istilah angin-anginkan.Pada saat ini dilakukan usahakan ditempat yang teduh bisa dihalaman,belakang maupun teras rumah.Usahakan tempatnya agak rendah agar sering beradaptasi sama orang yang lewat.

Mempunyai burung lovebird yang jinak kepada majikannya akan memberikan nilai plus.Selain itu anda sebagai pemiliknya pasti akan sangat senang sekali.Saya pernah membaca ada salah satu tehnik untuk membuat jinak burung lovebird yaitu dengan memotong sedikit sayapnya.Menurut saya gak usah dilakukan kasihan karena masih banyak cara lagi selain memotong sayap.Tapi semua tergantung nurani masing-masing.Semoga bermanfaat.Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar