Kamis, 28 April 2016

6 PERAWATAN LOVEBIRD MABUNG LENGKAP DENGAN CIRINYA

Lintas Ternak – Memelihara lovebird memang menjadi daya tarik sendiri mengingat burung ini sangat populer dikalangan penghobi burung.Selain harganya yang terjangkau burung ini mempunyai keistemawaan bulunya yang bersih dan mempunyai paruh yang bengkok.Namun ketika burung lovebird yang menjadi andalan untuk lomba sedang lagi dalam pross mabung pasti perasaan anda sangat sedih.Mungkin bagi anda para pemula terdengar asing dengan kata Mabung.Apa seh mabung itu ? Mabung atau juga disebut dengan Molting adalah proses alamiah pada burung yang ditandai dengan rontokya bulu pada lovebird dan burung kelihatan sangat tidak bergairah.

Pada proses mabung biasanya burung akan sering diam hampir tanpa melakukan aktifitas termasuk berkicau.Kenapa demikian ? Karena burung lovebird yang mabung sangatlah tersiksa dan perlu banyak tenaga untuk menumbuhkan bulu-bulunya.Namun bagi penghobi pemula yang tidak tahu hal itu malah memaksakan lovebird untuk tetap selalu ngoceh.Tentu hal itu tidak dibenarkan.Biasanya proses mabung pada lovebird terjadi pada saat mendekati perlombaan.Tentu dalam masa ini lovebird sangat membutuhkan asupan nutrisi dan protein yang cukup untuk membantu proses pemulihan bulunya.Untuk diperlukan perawatan yang intensif pada saat lovebird mabung.

ciri dan perawatan lovebird mabung

6 PERAWATAN LOVEBIRD MABUNG TANPA RIBET

1.Jangan ditempatkan burung dilokasi keramaian.Usahakan ditempat yang benar-benar sepi agar burung bisa lebih fokus .Dalam proses menumbuhkan bulu pada saat mabung memang lovebird sangat membutuhkan ketenangan.

2.Untuk menjaga kehangatannya anda perlu mengerodong sangkar burung lovebird ,karena bulunya tidak akan bisa menghangatkan tubuhnya.Namun anda juga harus memantaunya dengan membuka kerodongnya setiap pagi dan sore selama 20 menit.

3.Biasanya para pemula tidak tahu akan hal ini ,pada masa lovebird sedang mabung tidak boleh dijemur diterik matahari.Karena pada saat mabung perlu suhu yang lembab untuk membantu mempercepat proses pertumbuhan bulu.

4.Pada saat bulu-bulu sudah mulai tumbuh anda bisa memandikan lovebird tapi seminggu sekali ja ya kawan.Karena kalau terlalu sering malah akan menghambat proses tersebut.

5.Jangan terlalu memaksakan burung untuk berkicau,biarkan kondisinya pulih seperti semula maka lebih baik jauhkanlah lovebird dari burung sekitar dan suplemen bunyian maupun doping buat lomba.

6.Pemberian makanan yang tepat akan membantu lovebird mempercepat masa mabung yaitu dengan memberikan telur rebus dan berikan biji kwaci,vitamin untuk membantu memenuhi nutrisi tubuhnya.

Apabila pada saat dikerodong burung anda malah stress anda bisa menggunakan alternatif lain.Proses mabung aalah proses alami yang hampir dialami oleh semua jenis burung.Maka anda harus bersabar untuk menunggu bulunya tumbuh kembali.Semoga dengan penjelasan diatas dapat memberikan pengalaman anda untuk merawat dan mengatasi burung lovebird yang sedang mabung.Terima kasih.Salam ngekeek!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar