Rabu, 14 Oktober 2015

9 CARA MENGAWINKAN HAMSTER TERBUKTI AMPUH

Lintas Ternak - Pada awalnya tetangga saya membeli Hamster sebanyak 6 ekor yang 2 jantan dan yang 4 adalah betina.Hamster telah dikumpulkan menjadi satu kandang.Hari demi hari dan minggu demi minggu selalu saya perhatikan dengan harapan hamster yang  dipelihara cepat hamil.Eh ternyata hamster tersebut tak kunjung hamil,mungkin dia sebagai pemula tentu belum mempunyai pengalaman cara mengawinkan hamster dengan baik dan benar supaya cepat hamil.

Pada dasarnya hamster adalah salah satu hewan yang memiliki sistem reproduksi yang sangat baik bahkan diusia 3 minggu dalam kondisi yang sangat sehat haster sudah siap dibuahi.Kelihatannya sangat mudah tetapi banyak para pemula gagal untuk mengembangbiakan hamster.Untuk mendapatkan keturunan yang kualitas baik sebaiknya mengawinkan hamster dari jenis yang sama.Sagat dianjurkan bagi anda yang pertama kali mengembangkan hamster agar memilih jenis winter white karena hamster ini sangat mudah untuk dikembangbiakan.

9 CARA MENGAWINKAN HAMSTER TERBUKTI AMPUH
TIPS MENGAWINKAN HAMSTER AGAR CEPAT HAMIL

1. Pilih hamster indukan dengan kualitas yang sangat baik kira-kira yang berumur 2 bulan.Biasanya umur segitu sudah produktif dan siap untuk dibuahi.

2. Menyiapkan tempat atau kandang yang baik usahakan tempatnya agak luas.Taruh kandang ditempat yang gelap dan tenang agar hamster tidak ada yang mengganggu dan stress.Setiap pasang hamster ditempatkan pada kandang yang terpisah

3. Untuk menyatukan hamster anda bisa membuat kandang khusus terserah karenan kandang hamster bermacam-macam jenisnya.Kemudian buatlah sekat ditengahnya cara ini dikhususkan untuk hamster jenis campbel.Biarkan selama kurang lebih satu minggu agar mereka saling mengenali aroma tubuh.Anda juga bisa mengoleskan bedak bayi ketubuh hamster tersebut agar prosesnya lebih cepat dan mereka mudah berdaptasi dengan baunya.

4. Apabila anda punya jenis roborovski anda bisa langsung memasukannya kedalam kandang.Karena hamster jenis ini mempunyai sifat yang jinak dan ga suka menggigit dibandingkan dengan campbel.Usahakn tubuh sang jantan lebih besar dari tubuh sang betina.

5. Selain itu anda juga menggunakan media ember untuk mengawinkan hamster.Usahakan ember berwarna gelap kemudian cari kain untuk menutupi ember tersebut dan kasih lubang sedikit saja atau secukupnya untuk bernafas.Berikan serbuk kayu dan tempat kecil untuk mandi hamster.

6.Biarkanlah selama satu minggu segera pindahkan jantan kalau bisa anda siapkan satu betina lagi.Segera pindahkan betina yang satunya dengan jantan dengan menggunkan cara pakai ember yang saya sebutkan tadi.

7.Sebenarnya insting mereka secara alami pada waktunya akan mengalami masa perkawinan tetapi bebrbeda dengan keadan sang jantan dan betina yang masih muda.Biasanya mereka akan sering bertengkar dan sulit bersatu.Untuk itu ada beberapa acar yang harus anda coba yaitu dengan memberikan pakan touge berikan beberapa batang touge 3 kali sehari usahakan jangan banyak-banyak ya.Apabila jantan sudah mulai membuahi segera stop pemberian pakan ini akan berdampak tidak baik bisa menyebabkan diare.

8. Kalau anda menginginkan variasi warna usahakan pilih jenis campbel.Hamster campbel memiliki banyak varian warna.Anda bisa eksperimen melakukan perkawinan hamster campbell dengan warna yang berbeda.

9. Idealnya 2-4 hamster betina dikasih satu hamster jantan yang subur dan sudah memasuki masa perkwinan.Apabila hamster jantan sudah membuahi para betinanya dan dinyatakan sudah hamil maka hal yang harus anda lakukan adalah memisahkan betina tersebut sendiri-sendiri.Apabila tidak dilakukan kasihan bayi ahmster bisa dimakan hamster betina lainnya apabila dalam satu kandang.

Demikianlah informasi tentang cara mengawinkan hamster agar cepat hamil dan menghasilkan banyak anak.Untuk jenis campbel memang berbeda dengan jenis lainnya.Sifatnya yang galak harus anda perhatikan dan bisa menggunakan beberapa cara diatas.Semoga hamster yang anda pelihara bisa berkembang banyak.Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar