Jumat, 02 Oktober 2015

7 TIPS MERAWAT BULU KELINCI ANGGORA AGAR TIDAK KUSUT

Lintas Ternak – Memelihara binatang piharaan seperti kelinci anggora memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita.Seperti yang anda ketahui kelinci anggora memiliki bulu yang panjang dan halus.Apabila anda rajin merawatnya pada salah satu bagian seperti bulu maka kelinci anda akan mempunya harga jual yang tinggi.Lingkungan yang bersih menjadi faktor utama untuk menjaga bulu kelinci anggora agar tetap bersih.

Banyak para pemula yang memelihara kelinci anggora bingung bulu kelinci menjadi kusut dan gimbal.Itu disebabkan karena mereka tidak tahu cara merawat bulunya.Mungkin kita sering melihat kelinci sedang menjilati bulunya itu tandanya kelinci sedang membersihkan diri akan tetapi jilatin tersebut terkadang masih meninggalkan air yang bisa membuat bulunya menjadi kusut.Belum lagi terkena kotoran berupa tetesan air minum,air seni dll.Bulu yang kotor dan gimbal akan sangat memungkinkan kelinci anggora anda mudah terkena penyakit.Untuk itu kami akan memberikn tips untuk merawat bulu kelinci agar tetap halus dan sehat.

7 TIPS MERAWAT BULU KELINCI ANGGORA AGAR TIDAK KUSUT

TIPS MERAWAT dan MENJAGA BULU KELINCI ANGGORA AGAR TETAP HALUS

1.Menjaga Kebersihan Kandang

Kandang adalah tempat kelinci menghabiskan seperuh hidupnya didalam kandang.Maka anda harus selalu memperhatikan kebersihan kandang.Usahakan selalu bersihkan kandang setiap hari agar kotoran bisa hilang.

2.Blow – Up

Apa itu Blow-up ? yaitu meniup bulu kelinci menggunakan blower apabila tidak punya bisa menggunakan hair dryer tapi pakai yang dinginnya.Apabila anda ingin mendapatkan hasil maksimal silahkan disisir terlebih dahulu terus di blow –up kemudian dikasih bedak kemudian di blow –up lagi.Ingat pastikan jangan ada bedak yang tertinggal lakukan denganbersih.

3.Menyisir Bulu Kelinci Anggora

Lakukan penyisiran bulu secara teratur.Gunakan sisir khusus kelinci hias.Ada beberapa jenis sisir usahakan beli sisir yang mempunyai kerapatan yang berbeda.Sesuaikan dengan kelinci anda.Lakukan penyisisran minimal 2 kali sehari.

4.Jangan letakkan Kelinci Pada Lingkungan Yang Lembab dan Basah

Apabila anda sering bermain dengan kelinci dihalaman jangan dilakukan pada musim hujan.Karena tempat yang lembab dan basah akan membuat bulu kelinci menjadi kototr dan terlihat kusut itu disebabkan karena air dan kotoran menempel pada bulu kelinci.

5.Hindarkan Pada Tempat Terlalu Panas

Cuaca yang terlalu panas akan membuat bulu kelinci mudah rontok.Maka usahakan meletakkan kelinci dengan suhu yang sedang.

6.Makanan mengandung Vitamin E

Berilah kelinci dengan makanan yang banyak mengandung vitamin E.Vitamin ini banyak terdapat pada pakan kering (rabbit pellet) dan sayur-sayuran.

7.Salon Khusus

Apabila kelinci anda dalam keadaan kotor banget dan anda tidak mampu membersihkannya segera bawa ke salon.Usahakan salon tersebut benar-benar ahli dalam menangani bulu kelinci anggora maupun kelinci hias.Mengingat harga kelinci hias cukup lumayan memang diperlukan perawatan yang ekstra

Demikianlah beberapa tips untuk merawat dan menjaga bulu kelinci anggora agar selalu bersih dan halus.Bagi anda para pemula bisa mencoba tips diatas.Semoga kelinci kesayangan anda tetap sehat dan lucu.Semoga bermanfaat.Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar