Kamis, 04 Desember 2014

PANDUAN BUDIDAYA ULAT HONGKONG LENGKAP

Budidaya ulat hongkong memang sudah merebak dimasyarakat selain mudah tidak memakan biaya banyak.Seperti yang anda ketahui,hal yang mendukung Budidaya kroto adalah budidaya ulat hongkong.Dengan membudidayakan ulat hongkong anda tidak perlu membeli pakan kroto dan sekaligus anda bisa menjual ulat-ulat tersebut ke penjual pakan burung.Dengan demikian anda mendapatkan penghasilan tambahan yang sangat menguntungkan.Akan tetapi pemilihan lokasi budidaya yang kurang pas membuat budidaya merugi.Ulat ini hanya cocok dikembangkan didaera
h dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 700 meter diatas permukaan laut.Selain suhu pemberian pakan juga perlu diperhatikan,anda dapat memberi pakan berupa kulit gandum atau polar yang sudah dicampur dengan ampas tahu dan sayuran,seperti pepaya muda dan labu.Saya kan memberikan panduan budidaya ulat hongkong secara lengkap.

BUDIDAYA ULAT HONGKONG


Dibawah ini adalah proses yang harus anda perhatikan,dalam budidaya ulat hongkong.Saya akan menuliskan secara urut langkah-langkahya :

1.INDUKAN


Dalam proses memilih indukan anda harus benar-benar jeli dan teliti,karena induk adalah faktor utama suksesya anda membudidaya.Anda harus belajar cara memilih indukan yang baik.

2.PERALATAN DAN BAHAN



Peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan media budidaya ulat hongkong adalah gunting,paku,triplek,isolasi,palu,gergaji,kayu,alat penggiling,dan pengayak,alat penimbang dan penakar,alat pengaduk dan pencampur,alat pemasak,alat pengering,dan alat penyimpanan.
Bahan yang dipakai dalam budidaya ulat hongkong adalah ulat itu sendiri.Bibit ulat hongkong pada awalya bisa anda beli.Namun seiring berjalannya waktu anda dapat menciptakan indukan sendiri.

3.PROSES PEMBUATAN MEDIA



Proses pembuatan media untuk pemeliharaan ulat hongkong tergolong cukup mudah dan biaya muarah dak tidak harus memerlukan tempat yang luas.

4.PROSES PEMBIBITAN


Dalam prose pembibitan ular hongkong anda harus mengetahui betul.Kalau anda sudah mengetahui karakter ulat itu sendiri dipastikan anda akan sukses membudidyakn ulat ini.

5.MEDIA PENEMPATAN ULAT HONGKONG


Media ini sangatlah penting untuk diperlukan menampung ulat yang sudah jadi.

6.PEMBERIAN PAKAN



Pada waktu pemberian pakan anda harus perhatikan betul-betul,jangan sampai telat.Selain pakan utama anda juga harus memberikan pakan tambahan

7.PANEN



Nah ini yang ditunggu-tunggu para pembudidaya,yaitu masa panen.Masa panen ulat hongkong dilakukan setelah umur ulat hongkong mencapai 45 hari.Pada masa itu ulat hongkong mencapai ukuran sedang,tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.Ukuran ulat hongkong yang lebih besar jarang disukai oleh konsumen karena burung akan sulit memakannya.

Demikianlah Panduan budidaya ulat hongkong secara lengkap.Kalau anda sudah memahami semua segera praktekan.Agar tambah lebih bermanfaat share artikel ini.Terima kasih
SUMBER (Panduan singkat budiday ulat hongkong,Penulis Adi Pamungkas,Penerbit KATA PENA,SURABAYA,2014)
Baca juga dibawah ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar