Selasa, 02 Desember 2014

JENIS PAKAN SEMUT RANGRANG DALAM BUDIDAYA KROTO

Pakan semut rangrang memang banyak jenisnya.Ada yang bisa didapatkan dengan mudah dan murah,namun ada pula yang membutuhkan biaya untuk mendapatkannya.Budidaya kroto memng merupakan peluang usaha yang menggiurkan banyak orang.Hal ini dikarenakan perawatan budidaya yang cukup mudah sederhana serta keuntungan yang sangat menjanjikan dari hasil panen kroto.Dari segi pakan yang diperlukan untuk budidaya pun sangat murah dan mudah didapatkan.Ada dua jenis pakan semut rangrang dalam budidaya ini,yaitu protein dan gula.Dua pakan ini,yang pertama
memang tidak mengeluarkan biaya,tetapi yang kedua membutuhkan dana yang tidak sedikit.Dibawah ini jenis-jenis pakan semut rangrang dalam budidaya kroto.

1.PAKAN BERPROTEIN


JENIS PAKAN SEMUT RANGRANG

Semut rangrang lebih menyukai protein sebagai pakannya dari pada gula.Oleh sebab itu protein menjadi pakan semut rangrang yang utama.Protein pakan semut rangrang dapat diperoleh dari ulat,daging,tulang,ikan,ayam,tikus dan serangga seperti jangkrik,capung,belalang,dan masih banyak lagi.

Para tentara atau prajurit semut rangrang mencari makanan kemudian membawanya kedalam sarang untuk kebutuhan makan seluruh anggota koloni.Makanan ini berfungsi untuk bertahan hidup dan perkembangbiakan.Pakan budidaya kroto yang murah bisa didapatkan dilingkungan sekitar dengan mudah.Semut rangrang memakan apa saja yang penting berasal dari binatang yang mengandung protein hewani.Berikut ini diuraikan beberapa binatang yang mengandung protein hewani dan bisa dikonsumsi koloni semut rangrang.

A.CICAK


Semut rangrang suka dengan segala jenis daging temasuk cicak.Cicak bisa dimasukkan dalam pakan budidaya kroto murah.Cicak adalah hewan yang hampir dapat dilihat setiap hari didinding rumah.Cicak sangat mengganggu penghuni rumah karena kebiasaan jeleknya yang suka buang kotoran seenaknya bahkan yang paling menyebalkan adalah ketika dia buang kotoran dikepala orang.
Cicak sangat mudah didapatkan dan tentunya sangat murah karena bisa anda dapatkan dengan gratis dari rumah anda sendiri.Anda hanya membutuhkan alat tangkap yang bisa berupa karet gelang,panah dari lidi,atau sapu untuk memukul.Cicak adalah pakan alternatif,cicak yang diberikan kepada semut rangrang hendakya dalam keadaan masih hidup namun sudah lemas atau hampir mati dan hanya bisa bergerak sedikit.

B.ULAT DAUN PISANG


Ulat daun pisang bisa dimanfaatkan untuk pakan budidaya kroto ini.Ulat daun pisang keberadaanya sangat mengganggu pertumbuhan dan produksi pisang.Ulat ini memakan daun pisang dan akhirya menghambat pertumbuhan daun pisang.Ulat daun pisang merupakan larva dari Eriontota thrax.Ulat ini juga sering digunakan oleh penggemar burung sebagai pakan hidup atau sebagai umpan ikan bagi yang gemar memancing.Ulat berwarna putih ini sering dijual dalam sebilah bambu dan bisa ditemukan juga dalam lipatan daun pisang.

C.TULANG AYAM

Sisa tulang ayam biasanya akan dibung ke tempat sampah karena dianggap sudah tidak berguna.Tulang ayam dapat kita manfaatkan untuk pakan budidaya kroto.Cara pemberiannya adalah dimemarkan terlebih dahulu agar pecah dan keluar sumsumya.Sumsum inilah yang menjadi kesukaan semut rangrang.Semut rangrang yang memakan sumsum tulang produksi krotonya akan meningkat.Selain tulang ayam pakan berupa tulang bisa berupa tulang sapi,kambing,maupun tulang-tulang hewan lainnya.

D.JANGKRIK


Jangkrik juga dapat digunakan sebagai pakan semut rangrang.Jangkrik adalah serangga yang berkerabat dekat dengan belalang,keberadaan jangkrik dialam sekarang masih sering ditemukan selain itu anda bisa membelinya ditoko pakan burung yang kemudian diternakkan sebagai pakan budidaya kroto.

E.ULAT HONGKONG


Ulat hongkong banyak dijumpai ditoko pakan burung,ikan-ikanan,reptil dan pakan ternak lainnya,karena ulat ini sering dijadikan sebagai suplemen atau makanan utam pada hewan-hewan peliharaan tersebut baik dalam bentuk masih hidup maupun berbentuk pelet.

2.PAKAN GULA


Sebagai jenis semut,semut rangrang juga memerlukan gula,biasanya semut rangrang mencari cadangan gula dari embun madu.Embun madu ini adalah acairan yang dikeluarkan oleg serangga penghisap cairan tanaman yang disebut nektar.Cairan embun madu digunakan sebagai energi tambahan untuk pembuatan sarang.

Kalau ita perhatikan dialam,sarang baru semut rangrang terbuat dari daun-daun muda dipucuk pohon.Daun-daun muda dihuni oleh serangga penghasil embun madu seperti kutu daun,kutu perisai,dan kutu putih yang sekaligus nantinya dimanfaatkan oleh semut rangrang sebagi sumber makanan didalam sarang.

Untuk memenuhi kebutuhan gula,bisa diberikan dengan cairan gula yang kental dan ditempatkan pada wadah yang kecil.Anda bisa menggunakan tutup galon air minum dan wadah kecil lainnya.Air gula ini sangat menunjang produksi kroto.Oleh sebab itu dalam pemberiannya jangan sampai telat atau habis.

Selain bahan pakan bebrbentuk gula,anda juga bisa menggunakan air tebu yang sudah anda peras.Air tebu itu ditaruh di wadah untuk minum.Fungsi air tebu kurang lebih sama dengan fungsi gulaa.Namun,air tebu memiliki sifat alamiah yang tidak dimiliki oleh gula.

Demikianlah Jenis-jenis pakan semut rangrang dalam budidaya kroto.Kalau anda sudah memahami isi artikel diatas segera anda praktekan.Semoga bisa bermanfaat.Terima kasih
SUMBER (BUKU Panen Uang dari BUDIDAYA KROTO,Penulis Adi Pamungkas,Penerbit KATA PENA SURABAYA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar