Minggu, 25 Oktober 2015

CARA MERAWAT DAN MENJAGA BAYI HAMSTER DARI SERANGAN INDUKNYA

Lintas Ternak Bagaimana cara merawat bayi hamster agar sehat dan tidak dimakan oleh induknya ? Setelah anda menunggu beberapa minggu hamster yang sedang anda kembangbiakkan akhirnya melahirkan bayi.Melihat hal tersebut perasaan senang bercampur aduk dengan perasaan cemas menyelimuti anda karena bingung mau diapakan anak haster tersebut.Sebenarnya dalam merawat bayi hamster sangatlah mudah akan tetapi bagi anda para pemula tentu kurangnya pengalaman menjadi salah satu masalah bagi anda.

Dengan perawatan yang benar bayi hamster anda akan tumbuh sehat sampai dewasa.Perlu anda ketahui bayi hamster sangatlah rentan dan mudah mati kalau anda tidak berhati-hati.Bahkan indukannya bisa menjadi ancaman yang serius karena bisa membunuh atau memakan bayi hamster yang masih dalam keadaan lemah.Kenapa bisa begitu ? mari kita ketahui bersama penyebab indukan hamster memakan anaknya.

CARA MERAWAT DAN MENJAGA BAYI HAMSTER DARI SERANGAN INDUKNYA

FAKTOR PENYEBAB BAYI HAMSTER DIMAKAN INDUKNYA

Setelah hamster melahirkan anda harus memperhatikan beberapa hal untuk menjaga keselamatan bayi hamster dari serangan induknya.Yaitu dengan cara jangan sekali-kali memegang bayi hamster karena tangan anda bisa meninggalkan bau.Apabila sang bayi dekat induknya maka akan tercium bau anda dan induk hamster mengira itu musuhya dan keselamatan bayi akan terancam.

Jangan lupa memperhatikan makanan indukan hamster jangan sampai telat.Kalau hal ini terjadi indukan hamster yang dalam keadaan lapar bisa saja memakan bayinya sendiri.Selain itu kandang yang tidak sesuai atau kandang dalam keadaan kotor bisa memicu indukan hamster memakan anaknya.Kandang yang sangat kotor bisa menimbulkan bau dan apabila kotoran tersebut menempel pada bayi hamster maka tidak mustahil bayi hamster akan dimakan induknya sebab dikira musuh.

Untuk mengindari hal tersebut maka lakukanlah cara diatas agar bayi hamster tidak dimakan oleh induknya selain itu perawatan bayi hamster sangatlah penting maka anda harus perhatikan beberapa cara dibawah ini agar bayi hamster bisa tumbuh dengan sehat sampai dewasa.

CARA MERAWAT ANAKAN/BAYI HAMSTER AGAR TUMBUH SEHAT

1.Jangan mengganggu indukan hamster yang baru saja melahirkan,apabila anda mau memberikan makanan letakkanlah dengan sangat hati-hati dan tidak membuat indukan hamster stress.

2.Kelurkanlah beberapa mainan yang dianggap berbahaya bagi bayi hamster.Beberapa mainan seperti roda berputar bisa menjepit anakan hamster.

3.Sediakan mangkuk air yang rendah agar dapat dijangkau oleh anakan hamster.

4.Awasi perkembangan anak hamster.Namun hal ini jangan sering dilakukan,sesekali anda melihat perkembangan bayi hamster dan pastikan induknya tidak merasa terganggu.

5.Anda harus menyediakan makanan yang cukup kepada indukan hamster setiap harinya.Usahakan indukan jangan sampai kelaparan.

6.Jangan memberikan makanan berupa jagung manis kepada hamster

7.Sangat diajurkan untuk memasang bohlam 5 watt untuk penerangan kandang

8.Apabila anda ingin memisahkan bayi hamster terhadapa induknya tunggulah sampai usia 3 minggu.Karena pada usia tersebut sudah bisa memakan makanan sendiri dan bulu juga sudah tumbuh.

9.Jika anda ingin memindahkan bayi hamster tersebut matikan lampu penerangan atau bohlam yang dipasang dikandang tadi.Lalu gunakanlah senter sebagai penerangan.Sedangkan pada saat mengambil bayi hamster gunakanlah alat seperti sendok dll.

10.Kalau anda ingin membesihkan kandang usahakan bayi hamster berusia 2 minggu.Pada saat membersihkan kandang harus dilakukan secara bertahap untuk meminimalisir terjadinya gangguan pada hamster tersebut.

11.Jangan berikan susu formula untuk manusia.Karena hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan bayi hamster yang bisa menimbulkan mencret.

12.Berikanlah makanan sehat yang banyak mengandung air.Berikanlah ibu hamster makanan tersebut selama proses menyusui.

13.Berikanlah makanan pada t pada anakan hamster.Setelah disapih induknya anakn hamster harus sudah terbiasa mendapatkan makan padat seperti pelet,wortel,mentimun,selada dan makanan lainnya.

Demikianlah beberapa langkah agar bayi hamster tidak dimakan induknya dan beberapa cara merawat bayi hamster agar tumbuh sehat sampai dewasa.Anakan hamster yang tumbuh kembang sampai dewasa akan terlihat lucu dan membuat anda merasa sangat senang.Semoga cara diatas sangat bermanfaat.Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar